Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko

Ade Susanti, S.Pd., M.Pd

ABSTRAK

Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang diselenggarakan untuk menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik terutama kemampuan matematis. Namun, kemampuan matematis mahasiswa di STKIP YPM Bangko masih rendah. Hal ini disebabkan antara lain karena pembelajaran masih bersifat konvensional dimana pembelajaran lebih didominasi oleh dosen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan probing prompting. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa STKIP YPM Bangko.

Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Group Control Only Design. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP YPM Bangko. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah teori peluang, sedangkan kelas sampel diambil secara acak yaitu mahasiswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa kelas B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data menggunakan uji t dan anava dua arah untuk interaksi.

Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa terutama yang berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing prompting lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, sedangkan untuk mahasiswa berkemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing prompting tidak lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa.

Download File Lengkap

Ade Susanti, S.Pd., M.Pd

Lahir di pulau temiang pada tanggal 5 september 1985. tumbuh dan besar di kota Bangko, Kab. Merangin, Jambi. menamatkan pendidikan S1 di STKIP YPM Bangko dan melanjutkan studi S2 di UNP pada tahun 2011 prodi pendidikan Matematika. saat ini aktif sebagai Dosen Pendididkan Matematika Di STKIP YPM Bangko semenjak tahun 2010.
Ade Susanti, S.Pd., M.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.